Senin, 16 November 2015

Penyusunan Sintesis

            Nama         : Frans B Manurung
Kelas           : 3EB26
NPM           : 23213575


Penyusunan Sintesis

  Pengertian Sintesis

Pada dasarnya, sintesis adalah merangkum intisari bacaan yang berasal dari beberapa sumber. Kegiatan ini harus memperhatikan data publikasi atas sumber-sumber yang digunakan.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2003), Sintesis diartikan sebagai “Paduan berbagai pengertian atau hal sehingga merupakan kesatuan yang selaras atau penentuan hukum yang umum berdasarkan hukum yang khusus”.
Pengertian tersebut sejalan dengan pendapat Kattsoff (1986) yang menyatakan bahwa maksud sintesis yang utama adalah suatu pandangan dunia.

   Cara Membuat Sintesis Tulisan

Dalam tulisan laras ilmiah, data publikasi atas sumber-sumber tadi kemudian dimasukan dalam daftar pustaka. Syarat yang harus diperhatikan oleh penulis dalam membuat sintesis, di antaranya: (Utorodewo dkk, 2004: 97):
(1) penulis harus bersikap objektif dan kritis atas teks yang digunakannya,
(2) bersikap kritis atas sumber yang dibacanya,
(3) sudut pandang penulis harus tajam,
(4) penulis harus dapat mencari kaitan antara satu sumber dengan sumber lainnya, dan
(5) penulis harus menekankan pada bagian sumber yang diperlukannya 

    Cara Membuat Tulisan Dari Bahan Bacaan Yang Beragam

        Sebuah keterampilan. Tidak semua orang mampu dengan cermat dan tepat membuat tulisan dari bahan bacaan yang dibacanya. menggariskan cara yang berbeda  dan kita dapat mengubah produk data anda untuk mengoptimalkan pengungkapan, Sering kali ini memerlukan produk informasi lebih dari yang kita sediakan. Masing-masing laporan berlaku untuk jumlah produk yang tercantum. 



Daftar pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar